Selasa, 11 September 2012

Cara Membuat/Setting Jaringan Ad Hoc Pada Windows Vista


A. Pengertian Ad Hoc
Jaringan Ad Hoc dilihat dari sisi topologi jaringan merupakan kumpulan dari beberapa node jaringan wireless multihop yang dinamis. Setiap nodenya mempunyai interface wireless untuk berkomunikasi dengan node lainnya. Jaringan Ad Hoc mempunyai infrastruktur node jaringan yang tidak permanen. Jaringan ini terdiri atas beberapa node yang bersifat mobile dengan satu atau lebih interface pada setiap nodenya. Setiap node pada jaringan Ad Hoc harus mampu menjaga performance trafik paket data dalam jaringan akibat sifat mobilitas node dengan cara rekonfigurasi jaringan. Sebagai contoh, jika ada node yang bergeser yang mengakibatkan gangguan berupa putus jaringan, maka node yang mengalami gangguan tersebut dapat meminta pembentukan rute link baru untuk meneruskan pengiriman paket data. Beberapa contoh penerapan jaringan Ad Hoc antara lain pembangunan jaringan komunikasi di medan perang untuk beberapa lokasi, pusat-pusat komunikasi di daerah bencana alam, sarana koneksi internet pada stand-stand suatu event/pameran dimana tidak dimungkinkan untuk membangun jaringan kabel atau ketidaktersediaan jaringan kabel.




 B. Cara Mensetting Ad Hoc

untuk membuat jaringan ini dibutuhkan 1 komputer atau lebih, untuk membuatnya ikuti langkah-langkah dibawah ini:
1. Pada windows 7 buka > Control Panel lalu pilih Network and Internet lalu pilih Network and Sharing Cente pada gambar dibawah ini.

2. Pilih Setup New Connection or Network, Setelah itu akan muncul menu yang berisi pilihan-pilihan koneksi yang disediakan windows Vista.

3. Setelah memilih menu tersebut pilih Set Up Wireless ad hoc (Computer to Computer) network,Seperti pada gambar dibawah.
 4. Pilih Next untuk membuat ad hoc.

5. Berikutnya akan muncul form yang harus diisi yaitu Network Name; Security Type; dan Security Key; masukkan informasi yang dibutuhkan misal Network Name:TK2C-12(Arifin), Security Type Pilih No Authentication (open) untuk membuat tanpa password atau security key.

6. Apabila sudah selesai mengisi klik Next.
7. Check Connectin pada Jaringan apakah sudah bisa termasuk ke jaringan ad hoc sekitar, dengan cara Start>Pilih Connect to a Network, Seperti pada Gambar dibawah.

 8. Lihat Siapa saja yang terhubung ke jaringan anda,Seperti pada gambar dibawah.

 

 9. Maka selesai lah sudah setting ad hoc.

 Semoga ilmu ini tidak di slah gunakan. 
Salam Elektro - Telekomunikasi..





0 komentar:

Posting Komentar